"Ahlan wa sahlan on Hanyfa's Blog...!"

Rahasia Ayyamul Bidh

.

Pernah denger puasa pertengahan bulan?
Yap! Puasa pertengahan bulan itu sering disebut dengan AYYAMUL BIDH.
Rasulullah selalu melaksanakan Ayamul Bidh setiap 3 hari pada tengah bulan, yaitu setiap tanggal 13, 14, dan 15 (pada bulan Hijriyah). Dalam sebuah riwayat disebutkan,
Ibnu Abbas ra. berkata : "Adalah Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan berpuasa pada hari putih (tanggal 13, 14, dan 15) baik dalam bepergian atau di rumah." (HR. Thabrani)


Dalam riwayat lain disebutkan pula,
Dari Abu Dzar ra. berkata, Rasulullah bersabda : "Jika kamu berpuasa tiga hari dari satu bulan maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15." (HR. Nasa', Tirmidzi dan Ibnu Hibban)


Apakah rahasia dari Ayamul Bidh ini sehingga Rasulullah tak pernah luput dari mengerjakannya?
Dan mengapa pula dianjurkan pada tanggal-tanggal itu?


Pernah dengar Dracula? Vampire? Atau kuntilanak?
Ya, semua hantu itu dikabarkan sering berkeliaran di malam hari khususnya ketika bulan purnama. Lho??? Apa hubungannya ayamul bidh dengan hantu dan bulan purnama?
Ya, kalo’ dengan hantunya sih nggak terlalu berhubungan, tapi, yaumul bidh berhubungan dengan bulan purnamanya.
Jadi, hubungannya apa?



Begini…, sudah kita ketahui bahwa pertengahan bulan Hijriah adalah waktu munculnya bulan purnama. Nah, saat bulan purnama bersinar (kayak lagu aja, hhihihi…), terjadilah yang namanya pasang air laut. Letak bulan yang dekat dengan bumi menyebabkan gaya grafitasi bulan mempengaruhi ketinggian air laut dimuka bumi, dan terjadilah pasang air laut.


Terus??
Ternyata, grafitasi dari bulan ini tak hanya mempengaruhi kondisi bumi (benda mati) tetapi juga benda hidup. Terutama manusia.
Lho? Kok bisa?
Seorang peneliti berkebangsaan Amerika pernah mengadakan penelitian mengenai kondisi kejiwaan manusia ketika terjadi bulan purnama. Penelitian itu menyimpulkan bahwa kondisi kejiwaan manusia saat bulan purnama cenderung lebih labil, emosional, dan tidak terkendali. Semua perasaan menjadi mudah membuncah dari dalam diri. Mudah marah, mudah tersinggung, mudah senang, mudah sedih, pokoknya semua sifat yang ada pada dirinya menjadi lebih mudah ter‘upload’ dari dirinya. Mungkin inilah salah satu penyebab banyak mitos dan film yang mengaitkan antara monster atau hantu dengan bulan purnama.


Coba kita perhatikan dua fenomena ini.
Puasa, pada dasarnya menuntun kita agar menundukkan nafsu kita. Ketika kita berpuasa, kita dituntut untuk dapat mengendalikan emosi kita dan menjaga syahwat kita.
Ketika ilmu sains modern mengungkapkan adanya kelabilan emosi manusia saat bulan purnama, Islam telah menganjurkan untuk melaksanakan puasa tepat saat munculnya sang bulan purnama. Islam telah memberi jalan pada umatnya agar tidak terkena pengaruh kelabilan emosi yang terjadi pada tanggal tersebut. Rasulullah menganjurkan kita berpuasa, agar hati kita selalu terjaga dari amarah, nafsu, dan segala sifat buruk lain yang cendrung lebih meluap pada saat itu dibanding saat-saat lainnya.
Subhanallah...


Inilah hikmah di balik sunnah.
Tak heran jika Rasul tak pernah meninggalkan ayamul bidh. Tak heran pula jika Rasulullah menganjurkan kita untuk berpuasa 3 hari setiap bulan, terutama pada pertengahan bulan. Ternyata anjuran tersebut memiliki rahasia yang tak disangka-sangka. Ternyata memang segala amalan yang dianjurkan dalam Islam ini selalu memiliki hikmah yang tersembunyi yang luar biasa dahsyatnya. Lalu, masihkan ragu dan malas-malasan melaksanakan perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah?

21 komentar:

Ardhianto Murcahya mengatakan...

Subhanaalah syukran jidda n ilmunya ukhty :)

Fa bi ayyi ala irobbikumma tukadzibaan

Nanda Hanyfa mengatakan...

wa iyyaki..
moga bermanfaat..
:)

ROHISSMAN23 mengatakan...

Assalamu'alaikum...
Afwan ya ka, kebetulan kita lagi cari bahan tentang puasa ayyaumul bidh, trus pas lagi disearch mampir di blog kk deh,,,izin share boleh ya...

Nanda Hanyfa mengatakan...

Wa'alaikumussalam...
monggo, dipersilahkan jika bermanfaat, tapi jangan lupa nitip link blog ni juga ya...
syukran katsir...
:D

Anonim mengatakan...

saya jadi ingin bertemu dengan Nabi terakhir,
Nabi Akhir zaman
mudah2an Allah mengizinkan saya dan keluarga bertemu Rasulullah kelak....
Sudah rindu sekali jiwa ini
mendengar kisah2 dari hadits sahih tentang akhlaq (kelakuan) beliau.....
Dan sudah lama sekali telinga ini ternodai
pemikiran negatif tentang rasulullah.

Nanda Hanyfa mengatakan...

amin...
mudah2an kita semua nantinya dpertemukan oleh Allah dengan Rasulullah...

sbagai umat Muhammad sudah sharusnya kita mluruskan pmikiran2 keliru yg kita dengar, smoga dimudahkan dalam menyampaikan kebaikan..

Anonim mengatakan...

bermanfaat banget,,,,,,http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/3.gif

Agung mengatakan...

Asalamu'alaikum ...Izin buat di share dan sedikit mengutip ilmu nya ya. Di blog ane www.apandin.wordpress.com
InsyaAllah sudah dituliskan link sumbernya.
Syukan Jzk Khair.

Nanda Hanyfa mengatakan...

Alhamdulillah jika bermanfaat, syukran kunjungannya mas/mb anonim... :)

Wa iyyaka mas Agung, syukran..
pengetahuan yang masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan ant..
:)

Anonim mengatakan...

syukron katsiron Alhamdulillah sangat membantu ^_^

Fauzi mengatakan...

Assalamu'alaikum .... mohon ijin buat di share, semoga bermanfaat.
Syukron.

Nanda Hanyfa mengatakan...

Wa'alaikumussalam...
iyaa... tafadhol dienakin aja ngopy nya, hhe...
:)
na'am.. afwan

JIE [JW] mengatakan...

aslamualaikum.. salam kenal jg persahabatan, sukron atas informasinya.. ^^ . cukup memebrikan informasi.. :) . dan kalo gk salah puasanya bsk tgl 3,4,5 juli(13-15 syaban hijriah)..
oy, mari brkunjung di blog sederhana saya, dan kalo gk keberatan follow my blog http://jhadiwijaya-jhadiwijayablogspotcom.blogspot.com/ . mksh :)

JIE [JW] mengatakan...

aslamualaikum.. salam kenal jg persahabatan, sukron atas informasinya.. ^^ . cukup memebrikan informasi.. :) . dan kalo gk salah puasanya bsk tgl 3,4,5 juli(13-15 syaban hijriah)..
oy, mari brkunjung di blog sederhana saya, dan kalo gk keberatan follow my blog http://jhadiwijaya-jhadiwijayablogspotcom.blogspot.com/ . mksh :)

Anonim mengatakan...

Salam kenal ja dan terima kasih atas informasinya.
Ketika kita berpuasa, kita teringat penderitaan akan anak kecil di jalan, mereka mau mencari sesuap makan ja susah harus minta-minta dulu karena tiap hari mereka harus menahan perut keroncong, dengan puasa tersebut kita dapat merasakan begitu sakitnya penderitaan mereka, sebagai manusia yang masih diberi nikmat oleh Yang Maha Kuasa kita seyogyanya bersyukur dan membantu orang-orang yang tidak punya.

Aries_Bro mengatakan...

Nice Info Blogwalking Gan...
http://mengutipilmu.blogspot.com/

Oim Ahmad mengatakan...

bermanfaat sekali :)
oimthebia.blogspot.com
salamkenal ya..

Ipank Aprilian mengatakan...

ikuti juga blog ana yah www.limawat.blogspot.com

donny tock mengatakan...

Amin amin ya robal alamin

donny tock mengatakan...

Ass wr.wb.
Saya ingin sekali melenyapkan sifat munafik dan pengecut dan ingin jernih hatinya.
Mohon solusinya.terimskasih
Wass wr.wb.

suki achmad mengatakan...

Nice

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

So??
Apa pendapat Anda?

Ingin bergabung di kumpul blogger? Daftar melalui refferal Hanyfa di sini
 

FEEDJIT Live Traffic Feed

Fish

{Hanyfa} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com